Soal Ips Kelas 7 Potongan 4 - Mengenali Perkembangan Lingkungan

Soal IPS Kelas 7 Bab 4 – Mengenali Perkembangan Lingkungan : Sahabat Defifa yang berbahagia, semoga kita dalam menjalani hidup ini selalu ada dalam kesehatan. Pada kesempatan ini, Defifa melalui blog sederhana Defifa yang khusus untuk kumpulan soal akan menyajikan teladan soal ulangan harian.

Adapun soal ulangan harian ini yakni pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) untuk teladan Soal IPS Kelas 7 Bab 4 perihal Mengenali Perkembangan Lingkungan yaitu sebagai berikut:
 semoga kita dalam menjalani hidup ini selalu ada dalam kesehatan Soal IPS Kelas 7 Bab 4 - Mengenali Perkembangan Lingkungan

Wacana 1
Curah Hujan Tertinggi di Puncak Warga Bogor harus tetap waspada. Hal ini mengacu pada prakiraan cuaca, curah hujan di Bogor akan tetap tinggi. Rata-rata curah hujan per hari mencapai 50–100 milimeter. Dengan curah hujan sebesar itu cukup menyebabkan peristiwa longsor dan banjir susulan.
Seorang staf analisis data stasiun klimatologi dermaga Bogor menyatakan bahwa curah hujan di Bogor akan tinggi dan mengimbau semoga warga tetap waspada terhadap potensi terjadinya longsor.  Curah hujan akan mencapai angka 50–10 milimeter dan tergolong hujan lebat. Bencana longsor pernah terjadi alasannya yaitu curah hujan di Bogor mencapai 114 milimeter.
Diperkirakan pula, curah hujan di Bogor berdurasi sekitar 1–5 jam. Namun, durasi tersebut tidak terus-menerus selama 5 jam. Bisa selama 1 jam kemudian berhenti dan hujan lagi. Selama itu pihak stasiun klimatologi terus intensif memantau pola hujan di wilayah Bogor melalui alat penakar hujan.
Disadur dari: media_online

Setelah membaca wacana 1, kerjakan soal-soal berikut!
A. Pilihlah tanggapan yang tepat!
1. Untuk membantu mengatasi dampak peristiwa longsor, pemerintah Bogor sanggup menciptakan peta rawan longsor. Peta semacam ini termasuk jenis peta . . . .
a. dasar
b. tematik
c. kadaster
d. potensi alam

2. Guna mempermudah melihat fluktuasi curah hujan di Bogor dari waktu ke waktu, data hujan sebaiknya disajikan dengan . . . .
a. simbol titik
b. simbol garis
c. simbol area
d. diagram garis

3. Lapisan atmosfer yang menjadi tempat terjadinya hujan yaitu lapisan . . . .
a. troposfer
b. stratosfer
c. mesosfer
d. eksosfer

4. Relief di wilayah Bogor berupa pegunungan. Jenis hujan yang terjadi di wilayah menyerupai Bogor sanggup dikategorikan sebagai hujan . . . .
a. frontal
b. zenithal
c. orografis
d. buatan

5. Di stasiun klimatologi Bogor, curah hujan diukur dengan alat . . . .
a. solarimeter
b. penakar hujan
c. termometer
d. anemometer

6. Suhu di Jakarta dan Bogor berbeda alasannya yaitu imbas ketinggian. Pernyataan ini sesuai dengan aturan . . . .
a. kekekalan
b. gradien geothermis
c. perubahan cuaca
d. gravitasi

7. Daerah A di Bogor memiliki ketinggian 5 meter di atas permukaan maritim dan rata-rata suhu 28oC. Berapakah rata-rata suhu udara di kawasan B di Bogor yang mempunyai  ketinggian 215 meter di atas permukaan laut?
a. 24,70 C
b. 25,70 C
c. 26,70 C
d. 27,70 C

8. Sungai di wilayah Bogor memiliki huruf . . . .
a. lembah berbentuk V dengan aliran deras
b. banyak terjadi pengikisan horizontal
c. lembah berbentuk U dengan arus tenang
d. banyak terjadi sedimentasi

9. Sungai di Bogor dan Jakarta merupakan satu sistem sungai dalam DAS. Apabila hutan di wilayah Puncak, Bogor gundul akan berakibat terjadinya . . . di Jakarta.
a. gempa
b. kekeringan
c. banjir
d. longsor

10. Erosi sungai-sungai di Bogor akan menjadikan . . .  di Jakarta.
a. erosi
b. longsor
c. banjir
d. pendangkalan sungai

B. Jawablah pertanyaan dengan tepat!
1. Peta-peta apakah yang diharapkan untuk menciptakan peta wilayah rawan banjir di Bogor?
2. Termasuk jenis data apakah curah hujan di wilayah Bogor menurut ukuran data? Jelaskan!
3. Bagaimanakah imbas perbedaan ketinggian antara Jakarta dan Bogor terhadap suhu?
4. Apakah perbedaan antara cuaca dan iklim?
5. Jelaskan karakteristik sungai di wilayah Bogor!

Demikianlah isu yang sanggup disampaikan berkaitan dengan teladan Soal IPS Kelas 7 Bab 4  perihal Mengenali Perkembangan Lingkungan, yang bersumber dari Buku Bse Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Pertama Kelas VII, Departemen Pendidikan Nasional. Semoga bermanfaat!!!

0 Comments:

Post a Comment